Berita,  SUARA MAHASISWA

HMP ALMADIKSAR STKIP PGRI PACITAN BERDISKUSI DALAM KEGIATAN “PELATIHAN DESIGN THINGKING FOR EDUCATORS” DENGAN KAPRODI PGSD DI AULA KAMPUS STKIP PGRI PACITAN

Ploso, Pacitan – Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMP) ALMADIKSAR STKIP PGRI Pacitan berdiskusi dalam kegiatan mahasiswa prodi PGSD yang bertajuk “Pelatihan Design Thingking for Educators” yang dibawakan oleh Kaprodi PGSD ibu Urip Tisngati, M.Pd di Aula kampus STKIP PGRI Pacitan pada Sabtu (5/12) pagi.

Ketua ALMADIKSAR Linda Novitasari mengatakan bahwa acara ini bertujuan untuk mengasah kemampuan mahasiswa baik dalam berinovasi dan juga dalam pelaksanaan di lapangan. “Pelatihan Design Thingking adalah metodologi, kerangka kerja, pendekatan, proses berpikir dengan sistem berulang dan variatif, berpusat pada manusia, berbasis pemikiran desain pada inovasi, yang menggabungkan akar pemecahan masalah dari desain dengan empati yang mendalam bagi pengguna, atau mengintegrasikan kebutuhan orang, teknologi, dan persyaratan, yang dapat membantu menghadapi tantangan dan mempercepat proses menyelesaikan masalah”, imbuh ibu Urip Tisngati.

Saat seorang tenaga pendidik terjun dilapangan dan dia menemukan permasalahan dia harus mampu berada diantaranya untuk bisa mengembangkan pemikiran cara belajar, mulai dari bagaimana pengamalannya, pengembangan lingkungannya, sistem dan kebijakannya, proses, dan juga strategi dalam belajar itu sendiri agar efisien dan mampu menyelesaikan permasalahan yang ada. Penemuan ide dan gagasan baru harus dipraktekkan secara langsung dilapangan dan nantinya mampu menjadi bahan evaluasi untuk menyempurnakannya.

 

Tujuan secara keseluruhannya adalah untuk mendapatkan pemahaman terdalam tentang pengguna dan apa solusi atau produk ideal mereka. Dari sini dapat dimengerti ketika seseorang mau keluar dari zona nyamannya maka harus mampu mendesain sebuah peluang untuk menhasilkan keberhasilan yang tersembunyi.
Kegiatan ini dilikuti oleh perwakilan mahasiwa PGSD tingkat 1,2 dan 3 serta pengurus HMP ALMADIKSAR. Dengan diadakannya acara ini dengan bersifat kekeluargaan diharapkan mampu memberikan bantuan kepada mahasiswa dalam menyelesaikan masalah. Setiap mahasiswa diharapkan mampu membuat keputusan yang tepat dalam setiap permasalahan dan juga mampu menyelesaikannya.

“Permasalahan datang bukan karena ketidakmampuan akan tetapi datang untuk memberikan jalan yang tepat buat kita. Ketika menjadi seorang mahasiswa jangan pernah mensia-siakan waktumu di perkuliahan kamu, jangan menjadi mahasiswa kupu-kupu alias kuliah pulang, karena itu akan merugikan dirimu sendiri. Mualailah berproses dengan ikut dengan organisasi yang ada dikampus maupun diluar kampus, dari situlah dirimu akan dilatih untuk mampu menghadapi setiap permasalahan yang menerpa. Terus berjuang dan semangat”, tutur Kaprodi PGSD. (Ari Cahyono-Pengurus HMP PGSD)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *