Badan Eksekutif Mahasiswa,  Ormawa

Peduli Persoalan di Desa Ngumbul, BEM STKIP PGRI Pacitan Gelar Program Kerja Bertajuk “Senyum Ramadhan”

Pacitan, 24 April 2022 – Bulan Ramadhan menjadi momentum BEM STKIP PGRI Pacitan menggelar kegiatan sosial bertajuk “Senyum Ramadhan”. Merupakan program kerja tahunan, kegiatan Senyum Ramadhan pada tahun ini dilaksanakan di Dusun Krajan, Desa Ngumbul, Kecamatan Tulakan. Kegiatan berlangsung pada Sabtu (23/04/2022) kemarin. Melibatkan petinggi daerah setempat, remaja Desa Ngumbul, dan perwakilan HMP di lingkup STKIP PGRI Pacitan, kegiatan Senyum Ramadhan terbagi menjadi tiga rangkaian acara.

Pertama, sosialisasi Remaja Berencana. Merupakan rangkaian sosialisasi pencegahan pernikahan dini dan edukasi pentingnya pendidikan bagi remaja. Dalam sesi tersebut mendatangkan tiga orang narasumber yaitu Widiono Ahmad Fajri selaku ketua Insan GenRe Pacitan, Dhella Anggelina selaku Duta GenRe Pacitan, dan Yusuf Mukib selaku Presiden BEM STKIP PGRI Pacitan.

Pencegahan pernikahan dini dan edukasi pentingnya pendidikan bagi remaja menjadi materi penting untuk disampaikan kepada remaja mengingat intensitas angka pernikahan dini di Kabupaten Pacitan mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Melalui sosialisasi tersebut diharapkan remaja dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjadi remaja berencana sehingga dapat melangsungkan pendidikan terencana, karir yang gemilang, dan menikah sesuai dengan kesiapan fisik, usia ideal serta kesiapan lainnya.

Kedua, penyaluran bantuan sembako kepada masyarakat yang membutuhkan. Melibatkan perwakilan HMP di lingkup STKIP PGRI Pacitan bantuan sembako disalurkan kepada 16 warga sasaran yang sebelumnya telah dipetakan bersama pemerintah desa setempat. Penyaluran sembako merupakan salah satu bentuk pengalokasian dana dari bulan ikhlas yang secara rutin dihimpun oleh HMP di lingkup STKIP PGRI Pacitan dan dikelola oleh BEM STKIP PGRI Pacitan.

“Tujuan diselenggarakannya bakti sosial ini merupakan bentuk implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi ketiga, yakni pengabdian masyarakat oleh mahasiswa STKIP PGRI Pacitan melalui kegiatan bulan ikhlas yang dihimpun program studi melalui HMP. Dana yang dihimpun kemudian dialokasikan untuk kegiatan kepedulian sosial seperti penyuluhan remaja berencana dan penyaluran bantuan sembako kepada masyarakat yang membutuhkan”, Kata Lutfi (23/4/2022).

Senada dengan Lutfi, Yusuf, salah satu panitia penyelenggara berharap melalui kegiatan ini dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat Desa Ngumbul, Kecamatan Tulakan dalam menyemarakan bulan suci Ramadhan tahun ini.

Kegiatan buka bersama menjadi rangkaian akhir dari seluruh acara. Diikuti oleh tamu undangan, peserta kegiatan, dan panitia penyelenggara diharapkan dapat meningkatkan keakraban antara panitia penyelenggara dan warga setempat. Dalam kesempatan ini, panitia penyelenggara sekaligus menutup rangkaian acara Senyum Ramadhan.

Suyanto (23/04/2022), selaku Kepala Dusun Krajan menyampaikan ucapan terima kasih kepada BEM STKIP PGRI Pacitan yang telah menyelenggarakan kegiatan dengan melibatkan warga Dusun Krajan. Suyanto berharap materi sosialisasi yang telah diberikan, dapat memberikan kebermanfaatan bagi masa depan remaja Dusun Krajan. Terakhir, Suyanto juga berharap agar sembako yang telah disalurkan kepada warga sasaran dapat meringankan kebutuhan pangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *